Kamis, 29 November 2012

Manfaat Buah Apel


Kresh…kresh… Nikmatnya makan apel, ya? Rasa apel memang manis dan enak. Tapi, tahukah Anda di balik gigitan apel tadi tersimpan jutaan manfaat buah apel untuk kesehatan dan kecantikan? Enggak percaya? Simak penjelasan berikut ini.
Buah apel sama seperti buah-buah lainnya yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, tapi yang membuatnya sangat menyehatkan adalah antioksidannya yang tidak hanya terdapat di daging buahnya, tapi juga di kulit buahnya. Buah apel kaya akan antioksidan, sebut saja vitamin C sebagai antioksidan alami serta flavanoids. Antioksidan sangat berperan dalam melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh.
Flavanoids yang merupakan antioksidan dalam apel dapat membantu pencegahan berbagai penyakit jantung dan stroke. Selain itu, quercetin yang merupakan salah satu jenis antioksidan flavanoids dapat meningkatkan daya ingat. Jenis antioksidan ini dapat ditemukan pada kulit apel. Maka, akan sangat baik bila kita memakan apel bersama kulitnya.
Phloridzin yang juga antioksidan berperan dalam mencegah pengeroposan tulang pada wanita yang mengalami menopause. Satu lagi antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan adalah phenols. Phenols memberikan perlindungan kulit dari sinar UV sehingga kulit terhindar dari kerusakan akibat matahari.
Selain antioksidannya, apel kaya akan vitamin dan mineral yang berperan penting untuk kesehatan. Apel mengandung vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh; vitamin B kompleks yang membantu enzim dalam metabolisme tubuh; mineral kalsium dan boron yang bermanfaat untuk kekuatan tulang; dan potasium yang mampu mengontrol tekanan darah dan kerja jantung.
Manfaat buah apel yang lainnya diperoleh dari serat apel itu sendiri. Apel mengandung serat yang mudah dicerna oleh tubuh, serat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, apel dapat mencegah berbagai penyakit akibat kolesterol seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Selain itu, karena serat ini mudah dicerna, apel dapat melindungi usus dari racun penyebab usus kanker. Serat pektin dalam apel juga dapat menyegarkan napas kita.

Sumber :http://artikeltentangkesehatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar